FP3 MotoGP Jepang: Marquez ungguli Rossi, Vinales ke Q1

FP3 MotoGP Jepang: Marquez ungguli Rossi, Vinales ke Q1

FP3 MotoGP Jepang: Marquez ungguli Rossi, Vinales ke Q1

Marc Marquez mengungguli Valentino Rossi pada Free Practice 3 MotoGP Jepang. Maverick Vinales gagal melaju ke Q2, dan akibatnya harus menjalani Q1.

Diprakirakan cuaca cerah, lebih baik dari saat latihan Jumat (13/10), nyatanya hujan mengguyur sirkuit Motegi sebelum sesi FP3 dimulai, Sabtu (14/10). Alhasil, para pembalap pun kembali menghadapi kondisi lintasan basah.
Jorge Lorenzo membuka latihan ketiga pada pagi hari dengan menempati posisi teratas. Tapi ia kemudian digusur duo Italia: Andrea Iannone dan Danilo Petrucci.
Menjelang pertengahan sesi, Marquez merebut posisi pertama. Akan tetapi, ia lalu kehilangan posisi dari Iannone. Pada saat ini, Rossi di posisi kesembilan, sedangkan Vinales ke-12. The Doctor juga sempat melebar keluar trek.
Memasuki menit-menit akhir, terutama untuk merebut tiket Q2, para pembalap melakukan tekanan dengan menggunakan kompon ban belakang ekstra soft. Pada sembilan menit tersisa, Marquez mengambil alih posisi puncak. Meski sempat digusur Lorenzo, ia mampu kembali merebutnya.
FP3 akhirnya ditutup Marquez yang memimpin dengan catatan waktu tercepat 1 menit 55,254 detik. Pembalap Repsol Honda itu mengungguli Rossi pada posisi kedua. Raihan yang dicapai The Doctor terhitung baik, mengingat sepanjang sesi tampil kesulitan di lintasan basah
Iannone membawa Suzuki melengkapi tiga besar, atau lebih lambat 0,245 detik. Di belakangnya ada Lorenzo, diikuti Aleix Espargaro yang melanjutkan penampilan impresif sepanjang sesi latihan.

Komentar